10 Kuliner Unik di Kota Pelajar yang Wajib Dicoba! Nomor 5 Bikin Auto Nagih!

Hai sobat ngelih! Gimana nih kabarnya? Mimin kepo  nih, kira kira jika mendengar kata unik,apa sih yang terlintas dipikiran kalian? Yup, unik. Berbeda dari yang lain. Sesuatu yang bisa dibilang fantastik, keren, mantap,dan menakjubkan, bahkan bisa dibilang mungkin aneh bagi sebagian orang. Namun justru karna sebuah keunikan itulah,sesuatu yang unik itu malah justru menjadi sebuah peluang yang menjanjikan di dunia bisnis. So, di postingan kali ini, mimin bakalan bahas kuliner unik yang ada di Kota Pelajar alias Daerah Istimewa Yogyakarta.

Langsung aja yuk bahas 10 Kuliner Unik di Yogyakarta. Cekidot…

1.Mie Uno Lampung

Source : instagram.com

Siapa yang tidak kenal dengan mie? Makanan satu ini sudah sangat populer bahkan dalam semua kalangan usia. Di Indonesia, Terdapat banyak jenis mie. Mulai dari mie ayam, kwetiaw, bihun, dll. Namun bagaimana jika terdapat mie dengan keunikan dan sentuhan yang tidak biasa? Di yogyakarta, Terdapat satu tempat yang menyajikan olahan mie yang sangat ramai dikunjungi oleh pelanggan terutama oleh kalangan mahasiswa. Tempat ini bernama Mie Uno Lampung. Kuliner ini hampir sama dengan mie lainnya. Bahan utamanya adalah mie dengan cincangan daging ayam. Namun, apa yang membuat mie uno ini begitu populer di kalangan mahasiswa yogyakarta? Ternyata mie lampung disajikan dengan berbagai varian ukuran. Terdapat mie dengan ukuran minions, manusiawi, gajah, bahkan gorila.

Keunikan yang lainnya adalah dengan disajikannya mie berwarna hitam sehingga para pelanggan sangat tertarik untuk merasakan mie satu ini. Ada beberapa Pilihan Mie Uno Lampung ini, yakni mie, bihun, dan kwetiaw. Toping yang disajikan adalah ayam cincang yang sangat banyak ditebar di atas mie. Untuk soal rasa dari ayam cincang ini, jangan diragukan lagi. Rasanya  gurih dan sangat enak sehingga dapat memanjakan lidah. Jika dipadukan dengan mie yang memiliki cita rasa unik, perpaduan antara mie dengan toping dirasa akan sangat pas dan harmonis.

2. Tengkleng Gajah

Source : hipwee.com

Tengkleng adalah sejenis makanan sup khas Solo dengan bahan dasar daging, jeroan, gaji dan tulang kambing. Tengkleng merupakan makanan yang hampir mirip dengan gulai, namun memiliki kuah yang lebih encer. Sudah banyak rumah makan yang menyediakan atau menyajikan menu tengkleng, namun terdapat satu lokasi yang sangat populer di Yogyakarta yakni, tengkleng gajah.dilihat dari namanya, pasti sobat akan berfikiran tengkleng ini menyajikan daging gajah. Namun tenang saja, kalian tidak akan menemukan daging gajah di warung ini melainkan daging kambing.

Warung ini disebut sebagai tengkleng gajah karena porsinya yang sangat besar. Menariknya dari warung ini adalah, pelangan akan mencium aroma yang sangat tajam bahkan dari luar warung. Aroma ini dapat membuat siapa pun merasakan lapar seketika dan tidak sabar ingin menyantap tengkleng gajah satu ini. Pengunjung juga dapat memilih 11 olahan daging kambing yang telah di sediakan dalam menu. Tengkleng gajah menyediakan tengkleng masak dan tengkleng goreng sehingga pengunjung dapat memilih sesuai dengan seleranya. Tengkleng gajah disajikan saat masih panas membuat uap yang keluar dari hidangan memenuhi ruangan sehingga menambah nilai lebih warung ini. Lokasi warung tengkleng gajah berada di Sleman, Yogyakarta.

3. Hokkaido Ice Cream Puff

Source : instagram.com/hokkaidopuffid

Es krim adalah dessert favorit tidak hanya anak-anak tetapi juga remaja bahkan orang dewasa. Berbagai macam olahan es krim sudah dikembangkan hingga saat ini. Namun sepertinya olahan es krim yang satu ini pasti membuat orang yang melihatnya jadi tergiur. Salah satu olahan es krim kekinian yang saat ini sedang digandrungi terutama anak muda adalah Hokkaido Ice Cream Puff. Es krim ini merupakan olahan es krim dengan berbagai varian rasa yang creamy dan sweet, dibalut dengan puff pastry berupa Choux yang lebih mirip kue sus dengan crumbs coklat di permukaan kulit choux-nya.

Hokkaido Ice Cream Puff ini berasal dari Jepang yang dikembangkan dan besar di Malaysia dan Singapura. Bagi kita orang Indonesia tidak perlu repot-repot pergi ke luar negeri hanya untuk membeli es krim ini karena saat ini telah dibuka gerai-gerai Hokkaido Ice Cream Puff di beberapa kota di Indonesia, antara lain Jakarta, Medan, dan yang terbaru ada di Kota Pelajar, Kota Yogyakarta. Jadi, untuk para peminat es krim di Jogja tidak perlu khawatir karena saat ini telah tersedia di Ambarukmo Plaza dan Hartono Mall Jogja. Dengan harga yang ramah di kantong, dijamin es krim ini akan menyegarkan hari-harimu di tengah panasnya Kota Jogja.

4. Bakso Klenger Ratu Sari

Source : travelingyuk.com

Hampir sebagian orang pasti kenal dan suka dengan makanan yang mirip meatball ini kan? Nah, makanan yang mirip meatball ini kalau diIndonesia namanya adalah bakso. Biasanya kita pasti membeli bakso yang ukuran kecil tapi, di jogja ada salah satu warung yang menyediakan bakso dengan berbagain ukuran yang lebih besar dengan kurang normal kalau untuk dihabiskan seorang saja. Oleh karena itu bagi yang ingin mencoba bakso yang berukuran tidak biasa ini dapa menganjak keluarga dan teman untuk mecicipi bersama bakso besar ini.

Warung yang menyediakan bakso besar ini adalah “Bakso Klenger Ratu Sari”, seperti namanya pasti yang makan akan klenger dan merasa kekenyangan jika memakan bakso tersebut sendirian.

Selain bakso ini yang berukuran tidak biasa tetapi, bakso tersebut memiliki beberapa pilihan isian seperti telur rebus, tetelan daging dan cabe yang membuat kalian bakal ketagihan dengan isian yang melimpah dalam bakso tersebut. Untuk wisatawan yang ingin mencobanya dapat langsung datang ke warungnya di Jl. Wahid Hasyim No. 296 Nologaten, Yogyakarta atau dicabang keduanya di Jl.Perumnas, Mundusaren, Sleman, Yogyakarta.

5. Mie Kepang Jayakarta (Keju Panggang)

Source : instagram.com/miekepangjayakarta

Kuliner unik lainnya yang ada di Yogyakarta adalah Mie Kepang. Eitss… Bukan mie yang berbentuk seperti rambut yang dikepang lho yaa.. Mie Kepang (Keju Panggang) adalah perpaduan antara mie ayam dengan keju mozzarella. Mie ayam biasanya disajikan dengan topping ayam dan sawi rebus di atas mie rebus yang dicampur sedikit kuah. Terkadang ada juga yang menambahkan pangsit sebagai topping. Namun Mie Kepang ini berani beda dari yang lain. Pasalnya, mie ayam ini disajikan dengan lelehan keju mozzarella yang dijamin bikin nagih. Cita rasa yang unik juga menjadi daya tarik Mie Kepang Jayakarta ini.

Dengan motto “Pelopor Mie Keju Panggang Kekinian”, Mie Kepang Jayakarta benar-benar menjadi pelopor olahan mie keju panggang yang menggebrak pasaran dan menjadi kebanggaan Kota Jogja. Di Jogja sendiri sudah ada 3 gerai Mie Kepang yang dpaat kita kunjungi, yaitu di Jl. Kusumanegara 29, Jl. Gejayan CTX 06, dan di Jl. DI Panjaitan no.59. Tempatnya yang nyaman dan bersih membuat para konsumen betah berlama-lama disini. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp 5.000,00. Murah meriah bukan? Sobat Ngelih wajib mencoba makanan yang satu ini jika berkunjung ke Yogyakarta.

6. Nasi Carbonara

Source : instagram.com/jogjafoodhunter

Saus Carbonara sering kita jumpai dimasakan khas italia seperti pasta, Fettucini, spaghetti yang merupakan resep rakyat pedesaan Italia tengah yang berciri sederhana dan apa adanya. Carbonara sendiri merupakan saus yang terbuat dari susu cair, margarin, keju, pasta, telur, pecorino dan lada hitam serta margarin yang dicampur jadi satu. Saus Carbonara juga merupakan modifikasi dari alfredo yang diberi tambahan keju lebih banyak serta dibubuhi daging. Setiap orang memiliki selera yang berbeda – beda jadi kembali lagi ya gais untuk bahannya atau mau ditambahkan daging ayam, daging ayam, dan lain sebagainya itu semua tergantung selera masing – masing.

Seiring berkembangnya zaman serta mulai muncul makanan yang unik, Saus Carbonara yang biasanya digunakan untuk perpaduan pasta serta makanan ilatiano lainnya kini carbonara juga dipadukan dengan nasi makanan pokok daerah benua Asia seperti didaerah Jepang, Korea Selatan, India, serta Indonesia negara kita sendiri yang notabe nya tidak makan nasi tidak kenyang. Langsung saja yukk sobat kita bahas tentang nasi carbonara ini jadi Nasi Carbonara atau biasa disebut carbonara rice merupakan perpaduan nasi putih berlumur saus carbonara dengan rasa creamy, gurih, lembut yang sangat fantastis membuat nasi terasa istimewa seperti Jogjakarta. Oh iya menyinggung Jogjakarta admin punya rekomendasi tempat nih buat kalian yang penasaran dan ingin mengincipi apa itu Carbonara rice bisa langsung stalking yahh artikel tentang Carbonara.

7. Roti Tissue

Source : instagram.com

Roti Tissue merupakan salah satu kuliner yang cukup hits dikalangan anak muda loh sobat ngelih. Dilihat dari ndones saja, kita langsung bisa berimajinasi bahwasannya roti ini memiliki tekstur yang tipis dan mudah rapuh layaknya hati mimin eh salah maksudnya tissue gaes.  Roti tissue dapat dikatakann ndone sama dengan roti canai namun permukaannya lebih tipis dan bentuknya pun berbeda. Jika roti canai  bentuknya bundar seperti lempengan. Sedangkan roti tissue berbentuk topi kerucut yang menjulang tinggi bak gunung Indonesia dengan ukuran berkisar antara 30-50 cm. Bentuk dari kuliner ini bisa dibilang mirip dengan nasi tumpeng. Oh ya, sebenarnya roti ini berasal dari negara Barata alias India. Namun,roti ini lebih terkenal di Negara Malaysia.

Rotie Tissue ini memiliki rasa yang bervariasi mulai dari keju, cokelat dan susu. Rasa renyah dan garing dari roti ini mampu menggoyang lidah,apalagi jika dipadukan dengan ice cream,rasanya akan lebih nikmat. Garing garing renyah dingin gimana gitu, kayak sikapnya dia ke kamu eaaa. Bahan yang digunakan dalam pembuatan adonan roti tissue ini juga tak jauh berbeda dengan roti prata. Bahan dasarnya tak lain adalah tepung terigu. Bisa dibilang adoanan roti tissue ini mirip dengan martabak telur. Di Indonesia sendiri, roti tissue ini banyak dijumpai di beberapa daerah Indonesia termasuk di Yogyakarta. Gimana nih sobat ngelih? Tertarik untuk mencoba?

8. Lele Crispy

Source : instagram.com

Crispy? Pasti sudah tidak asing lagi dengan kata crispy di dunia kuliner. Crispy didalam kamus kuliner adalah teknik Menggoreng hingga kering dan renyah. Untuk membuat makanan menjadi crispy bisa menggunakan bumbu racik yang sudah jadi atau mau membuat bumbu sendiri juga bisa dengan menggunakan bahan pokok telur dan tepung. Apalagi Crispy ini di padukan dengan ikan lele menambah rasa cita makanan yang sangat enak.

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang memiliki sumber protein tinggi daripada protein dalam susu dan daging sapi dalam ikan lele terdapat protein seperti  asam amino esensial lisin, metionin, dan leusin. Tinggi kandungan fosfor juga lho gais mencapai 168 miligram / 100 gram yang bermanfaat untuk memberi kekuatan, energi, mendorong kesehatan gusi dan gigi. Ikan lele juga sangat baik untuk kesehatan kardio dan arteri jadi bagus juga untuk kesehatan jantung. Serta ikan lele ini mengandung banyak Omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan mata, pertumbuhan otak bayi, mengurangi resiko penyakit jantung, melawan peradangan, dan lain sebagainya biasanya omega 3 ini sering dijumpai dengan kapsul dan harganya pun bisa mencapai 100 ribu tapi dengan mengonsumsi lele sobat bisa mendapatkan vitamin omega 3 sebesar kurang lebih 15 ribu. Ngomong – ngomong tentang lele mimin jadi ingat dengan restoran satu ini yang menyajikan lele crispy dengan tampilan yang unik.

9. Belalang Goreng

Hai pecinta makanan. Kalian udah pernah denger belum makanan yang terbuat dari serangga yang biasanya dapat kita temukan di sawah atau rumput-rumput yang tinggi? Penasaran gak nama serangga itu apa? Nah, buat yang penasaran nama serangga itu adalah belalang. Kalian tau kan belalang atau serangga tersebut dibuat menjadi makan yang lezat bagi sebagaian orang karna enak, renyah dan bergizi tapi terdengar menjijikan juga bagi sebagian orang karna belalang itu adalah serangga.

Belalang merupakan serangga yang memiliki banyak protein seperti daging sapi. Untuk sebagian orang yang sudah merasakan belalang gore pasti akan mengatakan kalau rasa belalang goreng tersebut hampir mirip dengan rasa udang goreng.

Untuk mengolah belalang goreng menjadi makanan yang enak rupanya tidak terlalu rumit dan bumbu yang digunakan cukup sederhana. Belalang lebih banyak ditemukan ketika musim hujan yang dapat membuat harga satu toples belalang goreng menjadi murah dengan harga Rp. 20.000, sedangkan pada musim kemarau harga belalang tersebut adalah Rp. 30.000.

Belalang goreng dapat bertahan kurang lebih satu bulan. Oleh karena itu, bagai wisatawan yang sedang berkunjung ke jogja dapat menjadikan belalang goreng sebagai oleh-oleh untuk keluarga.

10. Kruille

Source : instagram.com/kruilleofficial

Kurma merupakan salah satu buah yang gak asing bagi seluruh masyarakat di penjuru dunia. Kurma dikenal sebagai buah Nabi yang identik dengan akan rasa manis dan legit. Pohon kurma sendiri diyakini berasal dari daerah Teluk Persia.  Di indonesia sendiri, buah kurma akan mudah dijumpai terutama pada saat bulan Ramadhan. Seiring berkembang waktu, buah kurma mulai dimodifikasi agar tercipta sebuah rasa yang unik dan berbeda dari yang lain. Salah satunya ialah Kruille. Yup kruille. Mungkin  bagi sebagian orang, inovasi kuliner buah kurma yang satu ini masih asing didengar.

Kruille merupakan perpaduan buah kurma dengan cokelat. Eits.. tidak hanya itu, namun ada juga variasi rasa yang lain. Misalnya saja greentea, keju, almond,dan mete. Bentuk dari kruille ini yaitu bulat agak memanjang. Rasa dari Kruille ini pun berbeda beda tergantung pada variasi rasanya. Ada yang manis, gurih, dan renyah. Bagi kalian yang ingin membelikan oleh oleh untuk keluarga maupun sahabat, kruille ini sangat rekomendasi buat kalian. Tak hanya itu, kruille ini juga cocok untuk diberikan pada orang orang yang kita sayang, pacar misalnya. Hehehe…apalagi dikasihin waktu lagi Hari Valentine, cocok banget nih. Gimana sobat ngelih?Tertarik untuk mencoba? Oh ya, kruille ini ada akun officialnya loh di instagram. Langsung kepoin aja gaes di @kruilleofficial.

Oke, Sobat Ngelih. Itulah 10 makanan unik yang ada di Jogja. Gimana? Unik dan menggugah selera bukan? Cobain kuy

4 thoughts on “10 Kuliner Unik di Kota Pelajar yang Wajib Dicoba! Nomor 5 Bikin Auto Nagih!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *