Renyahnya Roti Tissue Bikin Hati Bergetar Bak Diajak Balikan Mantan?

Source Image:Instagram(@saepulhdyt)

Hai sobat ngelih!Jumpa lagi nih sama mimin yang baik hati dan tidak sombong eaaa. Kali ini mimin bakalan bahas sesuatu yang spesial. Yuhuu spesial layaknya keberadaan dia buat mimin ehe. Kalian tahu nggak sih apa itu Roti Tissue. Yup. Roti Tissue. Roti Tissue merupakan salah satu roti yang sedang hits di kalangan kids jaman now. Seperti layaknya sebuah tissue, tekstur dari Roti tissue inipun tipis dan mudah robek. Namun walaupun tipis, dan mudah rapuh, Roti ini renyah dimulut. Terlebih variasi rasanya yang beraneka ragam. Seperti misalnya rasa keju,cokelat,dan susu kental. Bagi kamu pencinta yang manis-manis, roti ini sangat rekomendasi buat kalian. Tak hanya manis, roti tissue ini juga gurih. Perpaduan antara toping dan rasanya pun mampu menyatu begitu lezatnya. Roti tissue ini mirip dengan roti canai yang berasal dari Negeri Bollywood, namun berbeda bentuk dan variasi rasanya. Jika roti canai berbentuk lempengen yang bundar, roti tissue berbentuk seperti topi kerucut. Permukaan dari roti ini mirip dengan roti canai yaitu nampak warna cokelat yang diapadu dengan warna putih. Oh ya sobat ngelih, roti tissue ini akan lebih mantap jika dipadukan dengan es krim. Rasa segar dan manis beradu jadi satu mampu membuat kita ketagihan untuk memakannya.

Source Image:Instagram(@sobatjajan.samarinda)

Di beberapa belahan negara, roti tissue ini cukup populer terutama di negara Malaysia. Di Indonesia sendiri, roti tissue banyak dijumpai di daerah Jakarta dan Medan. Eits. Tenang,di Kota Pelajar, Daerah Istimewa Yogyakarta, roti tissue juga dapat ditemui loh. Yaitu di di antara jalan Godean dan Gamping, dekat stasiun Patukan. Kedai roti tissue ini, buka mulai pukul 16.00. Harganya juga gak mahal, cukup dengan mengeluarkan uang Rp 7.000 saja, kalian sudah dapat menikmati renyahnya roti tissue ini. Bahan dasar dari roti tissue tak lain adalah tepung terigu. Perlu kalian tahu bahwasannya membuat adonan setipis roti tissue ini tidak mudah loh. Dibutuhkan ketrampilan dalam membuat adonan agar adonan mampu membentuk sebuah kerucut. Bagi kalian yang belum pernah mencoba membuat adonan setipis ini, kemungkinan untuk gagal akan besar,  adonan akan rapuh dan robek.

Source Image:Instagram(@javafoodie)

Bahan bahan yang diperlukan yaitu:

  • Tepung terigu berprotein tinggi
  • Susu bubuk
  • Garam
  • Gula pasir
  • Telur
  • Minyak goreng
  • Air
  • Mentega

Cara membuat:

  1. Campurkan seluruh bahan dalam wadah yang telah disiapkan. Bahan bahan tersebut meliputi tepung terigu. susu bubuk, garam gula pasir, telur, minyak goreng dan mentega.
  2. Aduk adonan hingga merata
  3. Kemudian tuangkan air,uleni menggunakan tangan hingga adonan kalis atau hingga adonan sudah tidak lengket lagi di tangan.
  4. Setelah adonan kalis, ambil beberapa adonan, kemudian diamkan beberapa jam.
  5. Lalu,  lebarkan adonan tadi seperti lempengan persegi diatas pan besar dan lebar yang telah diolesi minyak. Tipiskan adonan. Kemudian tekan tekan adonan menggunakan pembalik adonan seperti alat yang digunakan dalam pembuatan leker. Bolak balik adonan agar tidak tingkat kematangan pas dan tidak gosong. Agar bentuk roti nantinya rapi, potonglah bagian ujung yang tidak rata.
  6. Setelah matang, bentuklah adonan menjadi sebuah topi kerucut dengan ujung yang lancip.
  7. Taburi adonan yang telah matang menggunkan susu kental manis, meeses, keju, dan lumeran cokelat.
  8. Roti tissue pun siap untuk dinikmati.

Gimana sobat ngelih? Cukup sederhana bukan pembuatannya. Bagi kalian yang sama sekali belum pernah mencoba kuliner, mimin sangat menyarankan kalian untuk mencoba mencicipi. Apalagi harganya juga terjangkau bukan. Tidak ada salahnya untuk mencoba kuliner unik yang satu ini. Jangan lupa juga kalau beli jangan sendiri, tapi ajak yang lain, gebetan misalnya, kalau gak ada, ajak mimin aja, mimin mau kok. Asal dibayari hehehe. Capek juga ya nulis panjang lebar. Mimin jadi laper. Skuy buruan cicipi Roti Tissue ala Kota Pelajar ini. Siapa tahu waktu kalian mampir buat beli ketemu jodoh. Ehemmm… Oke deh, cukup sampai disini ya sobat. Lain waktu mimin bakalan bahas kuliner yang lain, yang lebih menggiurkan tentunya. Sekian dari mimin. Sampai jumpa kembali.

One thought on “Renyahnya Roti Tissue Bikin Hati Bergetar Bak Diajak Balikan Mantan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *