Sate Klathak, Sate Yang Berbeda Dengan Sate Biasanya

                Jogja terkenal dengan sebutannya sebagai kota gudeg selain gudeg dijogja terdapat banyak sekali makanan – makanan khas salah satunya Sate Klathak. Bagi orang jogja sendiri sate klathak sudah tidak asing lagi di telinga mereka tetapi bagi Wisatawan Luar jogja masih bertanya – tanya dan mencari tahu apa itu Sate Klathak. Mari kita bahas apa itu Sate Klathak? Sate Klathak merupakan sate yang berasal dari Imogiri Timur Yogyakarta, Kenapa bisa di namakan Klathak? Klathak dalam Bahasa jawa berarti kegiatan membakar sate di pembakaran terbuka. Jadi Sate Klathak sebuah hidangan sate kambing yang berbeda dari sate biasanya. Sate Klathak dibumbui dengan garam saja dan polos warnanya, beda dengan sate biasanya yang dibumbui dengan kacang atau kecap manis. Sate ini sangat berbeda dari ragam sate lainnya, Tusukan yang dipakai untuk membakar terbuat dari besi, tidak seperti sate lainnya yang memakai tusukan bambu. Tusukan besi berfungsi sebagai konduktor yang akan membuat daging lebih masak dari bagian dalam.

                Di Jalan Imogiri Timur terdapat banyak sekali Warung – warung Sate Klathak. Salah satu yang terkenal adalah Sate Klathak Pak Pong yang tiap harinya tidak pernah sepi pengunjung. Selain menu Sate Klathak terdapat menu lainnya seperti gulai, tengkleng dan tongseng. Tongsengnya pun ada tongseng lidah, mata, lidah, daging dan telinga. Harga mulai dari sepuluh ribu aja gaissss. Murah Kann..

Sumber : kompasiana.com

                Eitss walaupun murah kalian harus bersabar ya makan di warung pak pong yang rame nyaaa luar biasyaaaahhhh jadi buat kalian yang sudah lapar banget dan tidak bisa nahan laper kalian bisa membeli sate diwarung warung sate klathak yang berjajar sepanjang jalan kenangan ehh maksudnya di sepanjang Jalan Imogiri Timur dan sekitarnya. Harga dan Rasa tidak Kalah dengan sate pak pong gaiss.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *