Sensasi Memuaskan Makan Tengkleng Gajah, Tengkleng No 1 di Yogyakarta

Halo sobat ngelih.. kali ini mimin mau berbagi ngasih tau makanan yang sangat endolita nih. Eitsss!!! Tapi sebelum itu, mimin mau nanya nih, sobat ngelih udah pada tau tengkleng belum ya? Nih mimin kasih tau deh…

Jadi Tengkleng adalah sejenis makanan sup khas Solo dengan bahan dasar daging, jeroan, gaji dan tulang kambing. Tapi gak Cuma kambing loh, ternyata tengkleng juga bisa diganti menggunkan daging sapi.

Tau gak sih kalo tengkleng merupakan makanan yang hampir mirip dengan gulai, namun memiliki kuah yang lebih encer. Sebenarnya, tengkleng sendiri buka makanan yang asing ditelinga kita ya..

Sudah banyak rumah makan yang menyediakan atau menyajikan menu tengkleng, lalu kenapa kok mimin ambil tema tengkleng ya sobat? Ada yag tau gak nih?

Ternyata ada loh satu lokasi yang menyediakan masakan tengkleng dan sangat populer di Yogyakarta, namanya “Tengkleng Gajah”. Namanya aja sudah unik banget yakan? Jadi kepo nih sama rumah makan satu ini. Yuk langsung aja kita ulas!

Sejarah berdirinya tengkleng gajah

Nama pemilik rumah makan ini adalah Setyo hartono yang memiliki hobi makan sate dan tengkleng. Rumah makan ini sudah berdiri sejah tahun 2006. Setyo mendirika rumah makan ini karna terinspirasi dari keinginannya yang senag memakan sate dan tengkleng, namun dia tidak menemukan sate maupun tengkleng yang rasa dan porsi sesuai dengan keinginannya.

Oleh karna itu Setyo terpicu untuk mendirika rumah makan agar masyarakat dapat memakan tengkleng dengan porsi besar sehingga rasa puas yang dirasakan oleh masyarakat dapat tersampaikan.

Asal usul nama tengkleng gajah

Dilihat dari namanya, pasti sobat akan berfikiran tengkleng ini menyajikan daging gajah bukan? Namun tenang saja, kalian tidak akan menemukan daging gajah di warung ini melainkan daging kambing.

Pada mulanya rumah makan ini dikenal sebagai Warung Sate Kambing Sari Roso Mulyo, namin kemudian lebih dikenal para penggemarnya dengan nama Tengkleng Gajah karena porsinya yang lebih banyak daripada tengkleng pada umumnya (sangat besar).

Sangat menarik bukan? Tidak hanya porsi dan ukuranya saja yang besar, daya tarik dari warung ini adalah, pelanggan akan mencium aroma yang sangat tajam bahkan dari luar warung. Aroma ini dapat membuat siapa pun merasakan lapar seketika dan tidak sabar ingin menyantap tengkleng gajah satu ini.

Pembuatan tengkleng dibilang membutuhkan waktu yang lama

Untuk mendapatkan cita rasa da tekstur yang kuat, maka tengkleng gajah di masak dalam waktu 3 jam. Pengolahan dilakukan selama itu bertuan untuk supaya bumbu-bumbu dapat terserap dengan baik dan merata. Selain itu, mendapatkan tekstur daging yang sempurna.

menu-menu yang disediakan

Pengunjung juga dapat memilih 11 olahan daging kambing yang telah di sediakan dalam menu. Tengkleng gajah menyediakan tengkleng masak dan tengkleng goreng sehingga pengunjung dapat memilih sesuai dengan seleranya. Tengkleng gajah disajikan saat masih panas membuat uap yang keluar dari hidangan memenuhi ruangan sehingga menambah nilai lebih warung ini.

Sate / Sate Goreng Rp. 37.000,-
Tongseng Biasa Rp. 37.000,-
Tongseng Kepala Rp. 37.000,-
Kepala Goreng Rp. 37.000,-
Tengkleng Gajah Rp. 37.000,-
Nasi Goreng Kambing Rp. 20.000,-
Gule Daging Rp. 37.000,-
Gule Jeroan Rp. 15.000,-
Nasi Putih Rp. 5.000,-
Es Jeruk / Jeruk Panas Rp. 5.000,-
Teh Es Rp. 5.000,-
Saparela Rp. 10.000,-
Jus Rp. 8.000,-
Kopi Rp. 6.000,-
Soda Gembira Rp. 12.000,-

Siapa sih, yang tidak ingin mencicipi kuliner yang menggoda ini? Kamu bisa langsung datang ke lokasi, ya. Untuk harga diatas masih terjagkau untuk tahun 2019.. Karena porsi nya yang gajah. Maka harga segitu terbilang murah. Kalian tidak akan dikecewakan dengan rasa dan porsi di tengkleng gajah ini. Yuk sobat tunggu apa lagi.. langsung aja kepoin rumah makan satu ini.

Lokasi

Source: https://www.instagram.com/p/BWES8wKAIPo/

Akses menuju lokasi ini benar-benar mudah meski berada di Jogja utara. Jika anda berada di pusat kota, anda perlu menuju ke Jalan Kaliurang. Dari Jalan Lingkar Utara (Ringroad Utara), anda susuri Jalan Kaliurang terus menanjak ke utara hingga menemukan pertigaan sebelum lampu merah kedua.

Berbeloklah kanan (ke arah timur), dan temukan rumah makan ini 1 kilometer dari pertigaan tersebut di sisi kanan jalan. Karena rumah makan ini  hampir dipastikan selalu ramai, maka anda harus siap mengantri, ya. Meskipun begitu, lahan parkirnya cukup luas kok, dan rumah makan ini juga cukup menampung sekitar 150 pengunjung.

Untuk alamat lengkapnya berada diJl. Kaliurang Jl. Gantalan No.Km.9,3, Gantalan, Minomartani, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *