Street Food Hits Ala Mahasiswa: Kenyal dan Nendangnya Cilok Yogyakarta!

Hai sobat ngelih? Pasti kalian tahu kan apa itu cilok. Yup cilok. Bagi masyarakat saat ini khususnya di kalangan remaja dan anak-anak, cilok sudah tak asing lagi didengar oleh sebagian besar pencinta kuliner. Cilok ini sendiri, terkenal akan citarasanya yang gurih, pedas, dan terasa nendang di mulut. Terlebih lagi bumbu yang dicampurkan didalamnya mampu menambahkan citarasa yang khas..  Bumbu yang ditaburkan dalam makanan ini pun beraneka ragam. Seperti saus,kecap,dan bumbu balado. Bagi kalian pecinta makanan pedas,cilok ini sangat rekomendasi, karena dalam penyajian cilok, kita dapat meminta seberapa banyak taburan cabe yang akan dituangkan. Eits… tenang.. bagi kalian yang tidak menyukai pedas,kalian juga tetap bisa menikmati kenyalnya cilok ini. Cukup dengan memberikan  sejumput kecap dan suas tomat, citarasa cilok akan tetap nikmat.

Source image: www.pegipegi.com

Di Yogyakarta , cilok banyak dijumpai di berbagai daerah khususnya di pinggiran jalanan kota Yogyakarta. Tidak hanya itu,cilok juga sering dijual di kedai kedai makanan. Harga dari cilok ini juga sangat terjangkau loh. Cukup merogoh kocek tidak sampai 10,000, kalian sudah bisa merasakan pedas dan kenyalnya cilok ini. Di daerah Yogyakarta, salah satu cilok yang terkenal adalah cilok gajahan yang beralamat di sekitar Alun-alun Kidul Kota Yogyakarta. Namun sebagian besar penjual cilok adalah para penjual gerobak di pinggir jalan. Gerobak yang digunakan pun hampir sama seperti gerobak-gerobak kuliner pada umumnya.

Sebenarnya cilok bukanlah makanan khas Kota Yogyakarta, melainkan kuliner khas Jawa Barat. Penyajian dari cilok pun beraneka ragam. Ada yang disajikan dalam kantong plastik dengan memberikan tusuk sate sebagai pencapit ciloknya, ada juga yang disajikan dalam sebuah mangkuk. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cilok adalah tepung tapioka. Bentuk dari cilok ini pasti kalian sudah tahu bukan? Yup,benar,cilok memiliki bentuk bulat bulat seperti bakso. Oh ya, bumbu dari cilok ini tidak hanya dengan saus sambal dan kecap loh, tetapi juga ada beberapa yang diberikan bumbu saus kacang halus seperti saus yang ada pada siomay. Di dalam cilok juga terdapat isi loh. Yup, isi dari cilok pada umumnya yaitu daging cincang. Namun, sebenarnya isi dari cilok tidak hanya itu, di beberapa tempat, cilok ada yang juga berisi telur loh. Nah, gimana sobat ngelih? Mantul bukan? Tertarik untuk mencoba?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *