Street Food Onde Onde, Lezatnya Bikin Gak Nahan Pengin Makan

Hai sobat ngelih!Balik lagi  nih sama mimin. Kali ini mimin bakalan bahas salah satu kuliner yang mungkin bagi kalian gak asing dan bisa dibilang makanan ini  familiar. Yup. Onde onde. Onde onde ya gaes bukan ondel ondel hehehe. Oh ya,sebelum mimin review lebih lanjut mengenai kuliner yang satu ini,mimin mau tanya nih. Kalian tahu gak sih,onde onde asalnya darimana?Hatiku eaaa eh bukan maaf mimin kelepasan. Sebenarnya onde onde itu berasal dari Tiongkok yang dibuat pada masa kekuasaan Dinasti Zhou. Sedangkan di Indonesia sendiri,onde onde sudah ada sejak zaman Majapahit yang dibawa oleh pedagang Tiongkok ke Nusantara sekitar pada tahun 1300-1500 M. Pada awalnya onde onde hanya berisi pasta gula merah, namun Indonesia memodifikasinya dengan menambahkan kacang hijau sebagai varian isinya.

Sumber gambar: Instagram(@violajogja)

Seiring berjalannya waktu, saat ini onde onde memiliki berbagai varian warna dan isi. Diantaranya yaitu onde onde yang diisi dengan keju,mozarella,matcha,durian,nangka dan masih banyak lagi. Tak hanya itu warna dari onde onde pun mulai bervariasi mengikuti rasa dari onde onde. Misalnya saja onde onde warna merah yang menandakan bahwa onde onde memiliki rasa stroberi. Onde onde ini sendiri terbuat dari tepung terigu atau tepung ketan yang direbus dan digoreng, kemudian permukaan luar onde onde dibalut oleh taburan wijen. Oh ya sobat ngelih. Kalian tahu gak sih sebenarnya onde onde memiliki kandungan nutrisi didalamnya terutama pada onde onde dengan varian isi kacang hijau. Wijen yang tertabur pada permukaan luar onde onde memiliki khasiat yang baik loh untuk tubuh. Diantaranya yaitu untuk melancarkan pencernaan,menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol, dan masih banyak lagi.

Nah, di Yogyakarta sendiri, onde onde banyak ditemukan di pinggiran jalan kota Yogyakarta. Salah satu onde onde yang cukup populer di kalangan masyarakat Yogyakarta yaitu Onde onde yang dijual di depan Gardena Departement Store, Yogyakarta. Tekstur dari isian kacang hijau terasa lembut dan nikmat di mulut terlebih lagi taburan wijennya yang terasa gurih. Harga dari onde onde Gardena ini juga pas di kantong loh. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 2000 saja per biji, anda sudah dapat menikmati lezatnya onde onde hits Jogja ini. Wadidaw,mimin jadi pengin beli. Jadi gimana nih sobat ngelih? Tertarik untuk mencoba? Yuk beli, kalo perlu mimin beliin hehe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *